Blue Flower Design Pointer Kelompok 4 Ilmu Sosial dan Budaya Dasar: BAB 6. MANUSIA, KERAGAMAN, DAN KESEDERAJATAN

Senin, 23 April 2012

BAB 6. MANUSIA, KERAGAMAN, DAN KESEDERAJATAN


1. ProblematikaDiskriminasidalamMasyarakat yang Beragam
a. Diskriminasi di antaraDemokrasidanHakAsasi
            HakAsasiManusia (HAM) merupakanseperangkathak yang melekatpadahakikatkeberadaanmanusiasebagaimakhlukTuhan YME danmerupakananugerahNya yang wajibdihormati, dijunjungtinggi, dandilindungiolehnegara ,hukum, pemerintah, dansetiap orang demi kehormatansertaperlindunganharkatdanmartabatmanusia. Selain HAM, manusiamemilikikewajibandasaryaituseperangkatkewajiban yang apabilatidakdilaksanakan, tidakmemungkinkanterlaksanadantegaknya HAM.
            Diskriminasimerupakansetiappembatasan, pelecehan, ataupengucilan yang langsungataupuntidaklangsungdidasarkanpadapembedaanmanusiaatasdasar agama, suku, ras, etnik, kelompok, bahasa, dankeyakinanpolitik.Diskriminasimengakibatkanpengurangan, penyimpanganataupenghapusanpengakuan, pelaksanaanataupenggunaanhakasasimanusiadankebebasandasardalamkehidupan, baik individual maupunkolektifdalambidangpolitik, ekonomi, hukum, sosial, budayadanaspekkehidupnlainnya.

b. IntegrasidanDisintegrasi
            Setiap orang bebasmemilihkewarganegaraannya, setiap orang berhakmencarisuakauntukmemperolehperlindunganpolitikdarinegara lain dantanpadiskriminasiberhakmenikmatihak-hak yang bersumberdanmelekatpadakewarganegaraannyasertawajibmelaksanakankewajibannyasebagaiwarganegarasesuaidenganketentuanperaturanperundang-undangan.

c. Bhinneka Tunggal Ikasebagai Salah SatuUpayaMengatasiKeragamanSosiokultural
            Setiapbangsamempunyai cirri khassertapandanganhidup yang berbedadenganbangsa lain. Bangsa Indonesia mendasarkanpandanganhidupnyadalambermasyarakat, berbangsa, danbernegarapadasuatuasaskultural yang melekatpadabangsaitusendiri.Nilai-nilaikenegaraanituterletakpadasila-silaPancasiladanBhinneka Tunggal Ika.

2. ManusiaBeradabdalamKeragaman

a. KeragamanBudayadanPeradaban
            Peradabanhanyamenekankanpadaunsur-unsurtertentudarikebudayaan, mungkinunsurakal (tingkatberpikir) ataumungkinunsurperasaan.Padadasarnya, corakkehidupanmasyarakatdapatdilihatdarihasilkebudayaannya.Kebudayaanadalahhasilkarya, cipta, karsamanusia yang turun-temurundarigeneraikegenerasi, sedanganperadabanadalahbagiandarikebudayaan.Peradabanjugadapatdiartikansebagaisuatubentukkemajuanlahirbathinsuatubangsa, yaitu yang berhubungandengankecerdasan, sopansantundankebudayaan.Setiapbangsa yang ada di duniainimemilikikebudayaan yang berbeda-bedasehinggamenimbulkankebudayaandanperadaban yang beranekaragam.

b. FaktorPenyebabMunculnyaKeragamanPeradaban
1) FaktorLingkungan, contohnyadaerahpegunungandanpesisirmemilikiperadaban yang
berbeda.
2) FaktorFilsafatdanPeradaban, contohnyaperadaban Barat lebihmenekankanpadaunsur
akal, sedangkanperadabanTimurlebihmengutamakanpadaunsurperasaan (estesis).
3) FaktorPerekonomian, adanyaperbedaanperadabanantaranegara yang tingkat
perekonomiannyatinggidengannegara yang masihberkembang.

c. SikapManusiaBeradabdalamKeragaman
            Kita harusmengikutiperkembangankebudayaan di daerah, danapabilakebudayaanitutidaksesuaidengankita, kitatidakbolehmenganggapremehkebudayaantersebutwalaupuntidakharusmenngikutinya, namunwajibmenghormatinya.

d. ProblematikaKeragamanKulturaldalamPerkembanganPeradabandanHidupBeradab
            Keragamankulturalseringkalimengakibatkanmunculnyapermasalahandankesalahpahamanantarsuku.Contohnyakonflikberbau SARA, konflikbersenjata di beberapadaerah, terror bom, danberbagaibentukkejahatanlainnya yang mengancammasadepanperadaban.

e. PengaruhKeragamandanGlobalisasiterhadapPerkembanganKepribadianMasyarakat
            Pengaruhpositifnyayaituadanya IPTEKS yang sangatbergunadanberpengaruhdalamglobalisasiduniasehinggailmupegetahuandanteknologipadazamansekarangsangatbermanfaat.Sedangkanpengaruhnegatifnyayaitukebudayaanluar yang masuksecaralangsungataudapatmenggeserkebudayaanasliataubahkandapatmenghilangkanbudayaasliitusendiri.

3. UnsurKeragamandanKesederajatan di Masyarakat Indonesia

·         Suku, bangsa, danras
·         Agama dankeyakinan
·         Ideologidanpolitik
·         Adatdankesopanan
·         Kesenjanganekonomi
·         Kesenjangansosial

4. PengaruhKeragamanterhadapKehidupanBeragama, Bermasyarakat, Bernegara, danKehidupan Global

Ø  Pengaruhterhadapkehidupanberagama :
Dampakpositifnyayaituantar agama yang berbedadapatsalingmenghargaidanmenghormati.
Dampaknegatifnyaantaralainmudahsekaliterjadiketeganganataukonflikapabilaantarumat agama yang berbedaterjadikesalahpahaman.

Ø  Pengaruhterhadapkehidupanbermasyarakatdanbernegara :
Padahakikatnyaakanmenambahdinamikadalammasyarakat, dan di dalammasyarakattersebutakanterjadibanyakpecampurankebudayaanataupenyerapanantarsatubudayadenganbudayalainnya.

Ø  Pengaruhterhadapkehidupan global :
Dampakpositifnyayaituapabilasuatunegaraberkembangmenjalinkerjasamadengannegaramaju, sedikitnyaakanturutberpengaruhdenganmenyerapkemajuan-kemajuan di bidangteknologi, pendidikandankebudayaan, informatikadarinegaramajutersebut.
Dampaknegatifnyayaituapabilabilanegaraberkembangmenyeraplangsungkebudayaanasingtanpadisaringdandisesuaikandenganbudayabangsaterlebihdahulu, akanmasuknyabudayaasing yang negatif.

5. ProblematikaDiskriminasidalamMasyarakat yang Beragam

a. Kesederajatan VS Diskriminasi
            Kesederajatanartinyasetiap orang sebagaianggotamasyarakatmempunyaihakdankewajiban, baikterhadapmasyarakatmaupunpemerintahdan Negara.Beberapahakdankewajibanditetapkandalamundang-undangkonstitusisebagaihakdankewajibanasasi.
            Diskriminasilebihmenunjukkankepadasuatutindakandalamkehidupansehari-hari yang dihubungkandenganprasangka.Contohnyaseseorang yang mempunyaiprasangkarasialakanbertindakdiskriminasiterhadapras yang diprasangkainya.

Faktor-faktorpenyebabdiskriminasi :
1)      FaktorPersaingan
2)      FaktorTekanan (Intimidasi)
3)      LatarBelakangSejarah
4)      LatarBelakangPerkembanganSosiokulturaldanSituasional
5)      FaktorKepribadian
6)      LatarBelakangPerbedaanKeyakinandanKepercayaan (agama)

Usaha menghilangiataumengurangiprasangkadandiskriminasi :
2)      Perluasankesempatanbelajar
3)      Sikapterbukadansikaplapang
4)      Menghilangkansikapetnosentrisme

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar